Membahas berbagai hal tentang Ayam Bangkok. Tidak kaku dan selalu Up to date, mulai dari anakan ayam,perawatan sampai cara merawat ayam yang sedang sakit .

Rahasia Sukses Cara Ternak Ayam Bangkok (BK) Paling Manjur | Ayamethod.com

Ternak Ayam Bangkok– Sudah dari dulu  peluang budidaya ayam bangkok masih terus menggiurkan. Usaha budidaya ayam bangkok ini terus dijalankan dari bentuk penghobi pasti lebih mudah dan menyenangkan saat di jalankan. 


Ternak Ayam Bangkok
Ternak Ayam Bangkok


Tak heran bila masyarakat Indonesia betul-betul gemar memelihara variasi ayam ini. Kecuali untuk ayam aduan, ayam bangkok juga mempunyai poin jual yang tinggi sehingga  dapat diwujudkan kans usaha dengan metode membudidayakannya. Pada tulisan ini Ayamethod.com akan memberikan rahasia dan tips berhasil metode ternak ayam bangkok yang gampang digunakan bagi pemula.


Apa hal yang dilakukan untuk beternak ayam bangkok hingga sukses ?


Dalam progres pembudidayaan atau metode merawat ayam lebih-lebih ayam bangkok ada sebagian hal yang patut dipandang supaya menciptakan ayam bangkok yang super dan bermutu serta mempunyai poin jual yang tinggi.

Berikut adalah penjelasan komplit mengenai metode merawat ayam bangkok yang betul-betul gampang dan menguntungkan:

Pemilihan indukan ayam bangkok

Kepala model buah pinang

Tulang leher rapat,badan panjang

Dada bidang,bahu kuncup

Sayap rapat kebadan dan panjang

Pangkal ekor besar dan tebal,dan kaku

Paha bulan dan pipih,mempunyai ekor lebat dan menyentuh tanah

Kepala seperti kepala ular, jika dilihat dari depan

Mata menjorok ke dalam dan bersih

Badan kalau dipegang bulat seperti kita memegang botol ayau seperti batang pinang

Kaki kering dengan jari kaki halus dan panjang

Tulang sapit udang lebar atau tulang dibawah pangkal ekor lebih kurang 3-4 jari

Tidak pernah sakit dari anakan

Jika ada tajinya lebih bagus

Bulu mengkilat

Lutut menekuk,kaki bulat dan kering,Mempunyai sisik yang rapi jari panjang dan halus,Kepakan saya Cepat dan kasar saat berbenturan

Paruh panjang dan tebal

Leher lurus dan tebal



Cara Mengawinkan Ayam Bangkok


Berikut cara sederhana untuk mengawinan indukan ayam Bangkok jantan dengan ayam Bangkok betina:

Induk jantan dan induk betina dilepaskan dalam kandang dengan ukuran lebih kurang 5m x 5m. dengan perbandingan satu pejantan untuk empt ekor betina

Mengawinkan langsung kedua indukan. Anda cukup memegang indukan betina dengan posisi ekor menghadap kedepan kemudian disodorkan ke induk jantan, induk jantan yang baik akan langsung mengawini indukan betina

Baca juga : Ayam bangkok Super 

Untuk melengkapi pakanan ayam selama masa kawin sampai masa bertelur selesai sebaiknya induk betina diberikan vitamin sekali dua hari secara rutin selain itu Berikan juga minyak ikan sebutir setiap harinya serta gilingan kulit kerang yang di aduk ke dalam makanan untuk lebih kurang 8-10 ekor indukan ayam untuk 4 hari sekali

Semua proses ini dilakukan selama masa bertelur. Dan untuk vitamin serta suplemen ayam tersebut bisa anda dapatkan di toko pakanan ayam atau took obat-obatan


Tingkatan Level Usia Ayam Bangkok


Pada beberapa peternak ayam bangkok banyak yang mengelompokkan ayam bangkok dengan cara  melevelkan usia pada ayam bangkok tersebut. Berikut level usianya 

Level usia dalam pemeliharaan dan ternak ayam bangkok betul-betul penting untuk dikenal lebih-lebih untuk pemisahan atau penguasaan sangkar dan pemberian pakan ayam. Berdasar umurnya ayam bangkok dibdakan menjadi 4 ialah:


Ayam anakan

Ayam anakan ialah ayam yang berumur 0 hingga 6 pekan

Anak Ayam 

Si ayam mempunyai usia yang lebih tua dari anakan ayam, ialah berkisar antara 6 hingga 12 pekan

Ayam muda

Ayam ini mempunyai jangka usia antara 12 hingga 16 pekan

Ayam dewasa

Ayam dewasa adalah ayam yang mempunyai usia 18 hingga 68 pekan


Pembuatan sangkar ayam bangkok yang pas


Bagi ayam petarung atau ayam bangkok, sangkar bukan saja sebagai daerah untuk makan dan tidur saja, namun juga sebagai daerah untuk menjaga keadaan lahiriah ayam itu sendiri. Karenanya dari itu dalam progres pembuatan sangkar ayam tak dapat asal – asalan dan sebisa mungkin buat ayam merasa nyaman berada di daerah hal yang demikian. Ada sebagian hal yang perlu dipandang dalam pembuatan sangkar ayam petarung ini, berikut penjelasannya.



Bahan baku pembuatan sangkar ayam bangkok


Sangkar ayam bangkok memang tak dapat sembarangan dalam pembuatannya, tapi bukan berarti patut menerapkan bahan – bahan yang mahal. Sangkar ayam bangkok bisa dijadikan menerapkan papan kayu, bambu, atau dapat juga dengan menerapkan kikisan rotan. Buatlah sangkar ayam sepantasnya saja, sebab nantinya ayam akan dipisah – pisah cocok tahapan usia untuk mempermudah dalam pemeliharaan, kecuali itu variasi ayam bangkok cenderung galak dan gampang untuk beradu.

Sangkar ayam dewasa sebaiknya dijadikan rongga pada komponen bawah supaya kotoran ayam  dapat lantas jatuh dan mempermudah dalam pembersihan sangkar. Meski untuk ayam yang masih berumur di bawah 3 bulan, sebaiknya tak dijadikan rongga sebab akan berbahaya keselamatan ayam seperti terjepit


Ukuran sangkar ayam bangkok


Ukran sangkar yang memenuhi persyaratan betul-betul diperlukan supaya ayam tak stres dan memunculkan sebagian penyakit yang bisa mengganggu kesehatan serta kwalitas dari ayam itu sendiri. Berikut adalah penjelasan ukuran sangkar ayam yang pas:

Ayam anakan

Ayam pada usia ini idealnya mempunyai sangkar dengan ukuran  100 cm x 50 cm x 20 cm dengan jumlah 20 ayam


Si ayam

Sangkar yang diperlukan oleh buah hati ayam bangkok ialah 100 cm x 100 cm x 40 cm dengan jumlah buah hati ayam bangkok 30 ekor

Ayam muda

Sangkar yang bagus untuk ayam umur 12 hingga 16 pekan ini yakni 100 cm x 100 cm x 60 cm dengan jumlah ayam 15 ekor

Ayam bangkok dewasa

Untuk ayam bangkok dewasa sangkar umumnya dijadikan khusus untuk 1 ekor ayam, ialah dengan ukuran 30 cm x 30 cm x cm

Peralatan sangkar ayam bangkok

Ternak ayam bangkok bila dijalankan secara intensif atau ayam yang senantiasa berada di sangkar karenanya peralatan dalam sangkar menjadi betul-betul penting dan patut benar – benar di amati seperti daerah makan, daerah minum, dan lampu untuk penerangan serta menghangatkan ruangan.


Pemberian pakan ayam bangkok menurut tahapan usia


Pemberian pakan ayam yang berumur di bawah 3 bulan


Si ayam bangkok yang berumur di bawah 3 bulan akan mengalami pertumbuhan cara gerak yang signifikan sehingga pemberian pakan patut dipandang, pilihlah pur atau pakan yang mengandung kalsium tinggi serta protein.


Pemberian pur pada buah hati ayam bangkok bisa dijalankan secara lantas atau dapat juga menerapkan air hangat yang dicampur dengan pur, tapi untuk hal ini kebersihan daerah makan ayam patut dijaga. Sebab keadaan yang lembab pada daerah makan ayam akan mengakibatkan pertumbuhan jamur yang bisa meracuni ayam.


Pemberian pakan ayam yang berumur 3 – 6 bulan


Ayam bangkok pada usia ini tak cuma memerlukan kalsium dan protein saja, tapi juga memerlukan karbohidrat dan lemak untuk pertumbuhan otot dan daging. Tipe pakan ayam bangkok yang pantas pada usia ini ialah pur yang teksturnya agak kasar di campur dengan nasi. Sekiranya ayam telah mendekati usia 6 bulan karenanya komposisi nasi dapat ditambah lebih banyak lagi.


Pemberian pakan ayam yang berumur di atas 6 bulan


Memasuki umur dewasa ayam bangkok telah dapat dikasih makanan yang lebih keras lagi seperti variasi ayam pada lazimnya. Namun Anda juga patut melihat variasi ayam bangkok, bila ayam bangkok variasi pukul karenanya jagung dan dedak adalah makanan yang paling bagus untuk dikasih. Namun bila ayam bangkok variasi jalu karenanya makanan yang pantas ialah beras merah, gabah, atau konsentrat.

Kecuali pakan yang memenuhi gizi bagi ayam, ketersediaan air minum juga betul-betul penting untuk pertumbuhan ayam bangkok, ini juga sangat berguna untuk meninggikan dan menguatkan tulang ayam bangkok tentu saja juga sangat berguna dalam cara menggemukkan ayam kurus 

Air minum sebaiknya disediakan dalam jumlah yang banyak atau tak terbatas, tapi juga patut diganti tiap hari untuk menjaga kesejukan dan kebersihannya. Supaya ayam pesat tumbuh dan berkembang, tambahkan vitamin atau suplemen ke dalam air minumnya.

Demikian cara Ternak Ayam Bangkok tentu saja Ayam bangkok ini perlu perawatan yang berbeda sesuai lokasi , hasil yang didapat berbeda beda . Semoga Artikel ini dapat membantu sahabat Ayamethod untuk dapat mengembangkan bisnis dan ternak ayam bangkoknya.

Rahasia Sukses Cara Ternak Ayam Bangkok (BK) Paling Manjur | Ayamethod.com Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ayam method

0 comments: