Membahas berbagai hal tentang Ayam Bangkok. Tidak kaku dan selalu Up to date, mulai dari anakan ayam,perawatan sampai cara merawat ayam yang sedang sakit .

Ayam bangkok aduan A.K.A petarung di mata para Botoh | Ayamethod.com

Ayam bangkok aduan - Ayam bangkok petarung atau biasa disebut ayam bangkok laga adalah ayam yang sering dicari oleh para botoh untuk dipake dalam beberapa pertandingan. Biasanya ayam ini memiliki harga ayam yang lumayan mahal.Apalagi jika memiliki gelar terbaik.


ayam bangkok petarung
unplash



Ayam bangkok bisa kita pilih berdasarkan ciri ciri dari seluruh bagian tubuhnya. Setiap fisik ayam bangkok "kepala hingga kaki" mengarah kepada kekuatan ayam tersebut dan daya tahan maupun gaya tarung maupun mental dari ayam tersebut.


Di mata para botoh tua ayam bangkok petarung sering diritualkan sebelum di ajak berlaga, sperti dimandikan kembang dll, mungkin terlihat lucu bagai sebagian orang awam tetapi ritual seperti ini membuat ayam lebih sering memenangkan laga.

Beberapa kriteria ini bisa kita ketahui dari beberapa ciri dari bagiannya tubuhnya yang mungkin ini sangat sulit bagi yang belum terbiasa dan belum berpengalaman.

Ayam bangkok Petarung merupakan jenis ayam jago jantan yang memiliki ciri fisik dan karakteristik yang cocok untuk tarung, sabung, aduan maupun laga. 


Ciri Ciri dan Istilah Ayam Bangkok Petarung


Ayam bangkok ini pun memiliki karakter dan insting untuk menjadi ayam laga. karena itu ayam bangkok juga identik dengan nama ayam aduan, ayam petarung maupun ayam laga.

Ayam Bangkok lokal di daerah Indonesia untuk jenis ayam yang berasal dari negara Thailand yang dulunnya bernama siam dengan ibukota bernama Bangkok. Dari sinilah ayam bangkok tersebut diberi nama ayam bangkok


Ciri Ciri ayam bangkok aduan yang bagus 


Ideal, unggul atau berkualitas merupakan ciri ciri ayam bagkok yang memenuhi syarat untuk menjadi ayam aduan unggul sehingga lebih perpeluang menjadi ayam bangkok juara di arena ayam laga atau arena sabung ayam.

Mengenai karakteristik atau ciri ciri ayam bangkok memang sulit untuk mengenalinya makhluk hidup lainnya, sehingga artikel ciri ciri ayam bangkok petarung ini bersifat umum.

Karena ada sebagaian kecil ayam bangkok tanpa tampak ciri ciri yang menunjukkan bagus namun faktannya di lapangan/kalangan ayam tersebut sangat bagus diluar dugaan.

Begitupun sebaliknya ada yang memiliki ciri ciri biasa aja tapi dilapangan memiliki bakat petarung yang luar biasa.



Ciri Ciri Warna Ayam bangkok petarung


Ayam bangkok mempunnyai warna bulu yang berpengaruh terhadap penampilan ayam bangkok bahkan bisa mempengaruhi mental lalwannya. beberapa corak warna bulu ayam menurut kelasnya ini saya ambl dari paparaji.

Ayamethod.com telah membahasnya beberapa warna ayam bangkok seperti ayam bangkok wiring kuning atau ayam bangkok wiring galih pada artikel  terdahulu.

Sebagaian para pemelihara ayam menganggap warna sebagai standar kualitas ayam tersebut. karena dalam peranakan dan penjualan warna merupakan peranan yang sangat diperhatikan bagi para penghobi ayam.

Baca juga : Cara beternak ayam bangkok yang menguntungkan

Wiring Bulu ayam bangkok jantan yang paling populer dan berkelas adalah warna wiring kuning. Corak warna wiring adalah terdiri dari warna dasar hitam dengan bulu rawis leher dan rawis ekor berwarna kuning kemerahan.

Jika warna rawis yang dominan adalah kuningkeemasan dan memiliki kaki dan paruh berwarna kuning maka disebut sebagai wiring kuning. Jika warna rawis cenderung merah tua kecoklatan disebut wiring galih.

Taduang/hitamBulu ayam bangkok yang berkelas setelah wiring adalah taduang/hitam, rawis dan bulu hias juga hitam.

Kalau paruh,kaki dan mata juga hitam maka disebut sipatuang rimbo.

Bangkeh berbeda dengan wiring yang memiliki warna dasar hitam, ayam bangkeh memiliki warna dasar yang hampir sama dengan rawisnya yaitu kuning kemerahan.

Jika warna bulu cenderung kuning keemasan disebut bangkeh emas dan jika warna bulu lebih gelap kemerahan disebut dengan bangkeh api.

Kanso/klabu Warna kanso memiliki warna dasar abu-abu. Jika rawisnya berwarna gelap atau abu-abu kehitaman disebut dengan kanso monyet dan jika rawisnya berwarna kuning kemerahan disebut kanso api.

Kuriak/Jali Warna kuriak adalah warna yang merupakan campuran beberapa warna tapi dalam catatan ada garis-garis kecilAtau campuran beberapa warna dimana setiap helai bulunya bergaris-garis kecil.

Seperti hitam-putih-hitam-putih ada juga abu-abu-putih abu-abu-putih dan begitu juga warna yang lainnya.

Jarang ayam bangkok yang berwarna jali. Ada orang tertentu yang sangat memburu bangkok asli dengan warna ini karena kelangkaannya dan berkesan eksotis.

Kinantan/putihWarna putih kinantan adalah warna bulu putih.rawis dan bulu hias juga putih ditambah sisik dan mata juga putih.ayam warna ini memiliki tuah/keistimewaan dari ayam yang lain.

Baca juga : Ayam Bangkok Super dan cara merawatnya

Ada juga warna putih usu adalah warna bulu putih semua termasuk bulu hias dan bulu rawis,kaki berwarna kuning dan paruh berwarna putih.warna usu ini juga punya keistimewaan.

Ayam bangkok aduan ini memiliki beberapa ciri ciri istimewa sperti yang di bawah dibawah ini


Ciri Ciri Ayam Bangkok aduan super istimewa 


Selain warna ada ciri ciri ayam bangkok aduan yang berkualitas bagus yang ada di bawah ini :

Memiliki jari kaki yang kecil dan panjang. Ayam seperti ini memiliki pukulan yang menyakitkan.

Kecuali berulang kokoh dan rapat,ayam aduan bila berdiri tegak. Ayam seperti ini bila bertarung, kepalanya tegak keatas untuk mematuk kepala lawan dan memiliki daya menunjang yang besar waktu berlaga.

Memiliki kepak sayap yang rapat kebadan,sehingga waktu bertengkar kepala lawan sulit masuk kesela-jeda sayap dan pukulan lawan juga susah masuk ke kepak sayap ayam,mempunyai bulu sayap dan ekor yang komplit.

Memiliki sisik kaki yang kering dan keras. Sewaktu adu pukulan, ayam takkan merasa sakit dan mempunyai ruas tulang leher yang rapat.

Untuk ayam pukul pilih ayam yang mempunyai pergelangan kaki yang besar padahal untuk ayam taji pilih ayam yang memilki pergelangan kaki kecil atau sedang.


Memiliki kaki yang pipih,dimana komponen samping lebih lebar dari komponen kaki depannya.Ayam seperti ini mempunyai pukulan yang mematikan.

Mempunyai pukulan menyilang atau menggunting.Ayam seperti ini cakap mematahkan leher lawannya.Ayam ini bila hendak memukul posisi kakinya tak paralel,posisi kakinya seperti hendak melangkah.

Memiliki tulang sapit udang/tulang kloaka yang rapat dan keras.Jika rapat ayam rajin melaksanakan pukulan dan mempunyai nafas yang lebih panjang.Kian keras tulang kloaka/sapit udang kian keras pula pukulan yang dimilikinya.

Mempunyai kepala seperti buah pinang dan bulu yang tebal.Kepala seperti ini mempuyai kelincahan mematuk lawan.Dan bulu yang tebal berfungsi untuk membendung pukulan yang diterima.



Memiliki kaki yang besar pada pergelangan kaki.Kaki dari lutut hingga kepergelangan kaki makin besar.Ayam seperti ini mempunyai pukulan yang keras.

Demikian Artikel mengenai ayam bangkok aduan atau ayam bangkok petarung semoga informasi ini berguna bagi rekan rekan pecinta ayam bangkok. Artikel ini kami sunting dari beberapa Artikel dan pengalaman para botoh yang kami kutip.Follow terus fanpage kita disini . Terima kasih

Mohon di share ya teman teman artikel ini !

Ayam bangkok aduan A.K.A petarung di mata para Botoh | Ayamethod.com Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fikry Fatullah